Senin, 17 Januari 2011

Unique Selling Point

10 Unique Selling Point (Nilai Tambah Penjualan) untuk anda yang menjalankan bisnis pelumas Nano Teknologi 'NTA'.

1. PRODUK 'FAST MOVING' (DIBUTUHKAN)
        Produk 'fast moving' adalah produk yang cepat perpindahannya dari pabrikan ke distributor lalu ke agen dan selanjutnya diterima oleh konsumen. Produk ini biasanya tidak terlampau lama mengendap di dalam gudang. Selain BBM, pelumas adalah ‘sembako’-nya otomotif dan industri, oleh sebab itu sangat dibutuhkan oleh semua orang. Jika kita melakukan penjualan pada produk 'fast moving' kuncinya terletak bukan kepada besarnya keuntungan tapi lebih mengutamakan kuantitas atau jumlah yang terjual.
Prinsip : a. Kuantitas terjual 100 unit ; Keuntungan @ Rp. 1,- maka hasilnya Rp. 100,-
             b. Kuantitas terjual 1 unit ; Keuntungan @ Rp. 100,- maka hasilnya Rp. 100,- 
Dalam hal ini gunakan prinsip a, yang dikejar adalah kuantitas barang bukannya besar keuntungan.

2. REPEAT ORDER TINGGI (BERKUALITAS)
Jika anda memasarkan produk yang berkualitas maka akan menuai hasil 'peluang pemesanan ulang' dan 'testimoni kepuasan pelanggan'. Akhir kesemuanya itu adalah 'repeat order'/ pesan ulang yang tinggi dan kuantitas produk yang terjual banyak. Kuncinya terletak pada 'service after sales' atau pelayanan purna jual yang baik

3. TEKNOLOGI MUTAKHIR (ERA REVOLUSI TEKNOLOGI)
Pada dekade terakhir ini, dunia mengalami sebuah revolusi besar-besaran yaitu revolusi telekomunikasi, revolusi transportasi dan revolusi teknologi. Oleh sebab itu, jika anda berkecimpung di 3 bidang tersebut maka masa depan ada di tangan anda. Dalam hal ini, anda bukan menjual pelumas semata-mata tapi anda menjual sebuah teknologi yaitu teknologi nano. Ingat sebuah ungkapan : Kebenaran Tidak Memihak, Kualitas Tidak Bisa Ditekan dan Teknologi Tidak Bisa Dibendung. Jadi berprinsiplah : Bahwa jika konsumen menolak maka anda jauh lebih maju daripadanya.

4. BERPACU DENGAN REGULASI (MENCURI START)
Pemborosan pemakaian pelumas dunia sudah begitu besarnya, termasuk di Indonesia. Apalagi tekanan dunia terhadap semua negara untuk menerapkan produk yang bercirikan Go Green yaitu green chemistry dan ecolabelling. Indonesia, pada suatu saat nanti akan menerapkan emisi gas buang yang rendah dan ramah lingkungan untuk produk otomotifnya. Dengan menjual pelumas berteknologi nano berarti anda saat ini menjual produk masa depan yang  akan dinanti oleh semua orang. Semua pelumas dimasa mendatang akan menggunakan teknologi nano, dan anda adalah pionernya/ mencuri start.
 
5. PESAING RELATIF KECIL (TERHITUNG)
Di Indonesia saat ini dipasarkan lebih dari 250 merek pelumas, dari kesemuanya itu ada sekitar 5 merek yang mengklaim produknya nano teknologi. Dari ke-5 merek tersebut, sebagian dipasarkan melalui sistem MLM, sedangkan pelumas 'NTA'  dengan sistem konvensional.

6. PELUANG BESAR (PERTUMBUHAN OTOMOTIF & INDUSTRI)
Untuk melihat peluang pelumas di Indonesia dapat dilihat dari parameter berikut ini :
A. Pertumbuhan penjualan otomotif : Penjualan Kendaraan di Indonesia Per bulan : Motor 450.000 Unit dan Mobil 40.000 sehingga kebutuhan oli setiap bulan bertambah sekitar 525.000 liter.
B. Mesin Perindustrian di Indonesia : Kondisi mesin industri di Indonesia sudah cukup tua dan kadaluarsa sehingga lebih boros BBM dan oli. Sedangkan mesin yang baru butuh kualitas pelumas yang mumpuni untuk menopang kinerja mesin.
C. Kebutuhan Pelumas di Indonesia : Tahun 2009, belanja pelumas di Indonesia sebesar Rp. 8.5 T yaitu sebanyak 800 juta liter per tahun
D. Market share Pelumas : Perbandingan Market share Pelumas di Indonesia (2009) data hasil olahan :
      1. Pertamina            55%
      2. Penzoil/ Evalube  12%
      3. Castrol                  8%
      4. Top-1                   7%
      5. Shell & Agip         5%
      6. Lain-lain              13%
Jika dilihat data diatas maka peluang pemasaran pelumas luar biasa tingginya.

7. PANGSA PASAR LUAS (SELURUH INDONESIA)
Anda mempunyai kesempatan memasarkan produk pelumas 'NTA' berteknologi nano ini ke seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia
8. PROTEKSI PELANGGAN
Perusahaan tidak menganut proteksi wilayah dalam memasarkan produknya, akan tetapi menganut paham proteksi pelanggan. Jadi jika anda menjadi pemasarnya, kestabilan income terjamin karena anda akan di proteksi pelanggannya oleh perusahaan.

9. PRODUK 'NO COMPLAINT' (KECIL)
Sebelum dilempar ke pasaran, pelumas 'NTA' terlebih dahulu melalui uji kelayakan dan sertifikasi dari pemerintah (Lemigas). Hasil uji cobanya ternyata sangat luar biasa untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada mesin otomotif, 'heavy duty machine', dan industri. Sehingga pelanggan merasa terpuaskan untuk menutupi kelemahan pelumas non teknologi nano.

10. KEBEBASAN BEREKSPRESI
Perusahaan ini masih baru sehingga manajemen pemasaran masih dipegang oleh marketer untuk berekspresi trik-trik marketingnya di lapangan tanpa dibelenggu oleh sistem manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini dibuat untuk semua mitra kerja marketer pelumas 'NTA', semoga bermanfaat.