Senin, 10 Januari 2011

Nanometer, Nano Teknologi dan Aplikasinya

Apakah anda familiar dengan istilah 'NANO' ..?. Kalau ya, apakah itu nano atau nanometer?. Okelah, mari kita menelusuri lebih lanjut istilah tersebut. Beberapa waktu yang lalu, kita mendengar nama 'Nano-Nano' ..... dan itu adalah nama sebuah permen yang kaya rasa yaitu manis, asam dan asin. Kali ini kita bukan membahas tentang permen tersebut, tetapi kita akan mengupas sedikit tentang nano dalam istilah nanometer.


Dalam matrik internasinal, kita mengenal ukuran panjang atau besaran dalam bentuk Kilometer.
  • Jika 1 Kilometer dibagi/ dipecah 1.000 bagian maka hasilnya adalah 1 meter
  • Jika 1 meter dibagi/ dipecah 1.000 bagian maka hasilnya adalah 1 milimeter (sekitar setebal kuku)
  • Jika 1 milimeter dibagi/ dipecah 1.000 bagian maka hasilnya adalah 1 mikrometer (mikron)
  • Jika 1 mikron dibagi/ dipecah 1.000 bagian maka hasilnya adalah 1 nanometer
Sampai saat ini, manusia baru mampu membuat partikel sekelas nanometer, walaupun ada satuan lain yang besarnya seper seribu nanometer yaitu pikkometer. Satuan nanometer yang telah mampu dibuat manusia ini ternyata membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia.
Sedangkan Teknologi Nano adalah sebuah teknologi pemecahan partikel seribu kali lebih kecil dari benda mikro. Teknologi ini menjadi teknologi revolusioner di abad ini dan masuk ke semua aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali, misalnya teknik perobatan, rekayasa genetika, industri otomotif maupun rekayasa engineering lainnya yang menghasilkan tenaga ULTRA SUPER POWER.

Perhatikan perbandingan ukuran dibawah ini :

APLIKASI NANO TEKNOLOGI

Perkembangan penerapan teknologi nano di dunia, memasuki semua lapisan kebutuhan kehidupan manusia. Dalam aplikasinya, teknologi ini dapat diterapkan dalam beberapa bagian yaitu :
1. Bidang Energi
  a. Teknologi Pengeboran
Sebagaimana diketahui bahwa Perusahaan Explorasi minyak akan menyisakan 2 barrel bagian yang tidak terpakai untuk memproduksi setiap barrel minyak mentah.  Dengan teknologi nano, para Ahli menemukan cara prosesing agar emulsi dan busa yang dihasilkan dapat ditekan serta ramah lingkungan, sehingga harga produksi per barrel minyak mentah dapat ditekan hingga sepertiganya.
  b. Transportasi
Dengan teknologi nano, penggunaan BBM untuk transportasi lebih irit yang pada akhirnya berdampak pada mengatasi krisis energi dunia. Hal ini sudah diuji cobakan di berbagai negara.
  c. Energi Pengganti
      - Dengan Nanoteknologi ditemukan solar sel yang bisa mengurangi sumber energi senyawa karbon.
      - Sel bahan bakar (batere HP) buatan NEC adalah baterai alternatif teknologi nano yang mempunyai kapasitas energi terbesar dalam konversi energi dengan menggunakan proton hydrogen dan oksigen sebagai bahan bakarnya. 

      - Nanoteknologi memungkinkan penggunaan hydrogen sebagai sumber energi baru.
      - Nanoteknologi memungkinkan penghematan energi karena jaringan listrik tidak lagi menggunakan tembaga sebagai konduktor, tapi akan menggunakan konduktor dengan resistensi nol

2. Bidang Medicine and Drugs
    a. Bidang Perobatan
Teknologi nano mampu membuat obat dalam ukuran nanogram.Obat tersebut langsung menuju sasaran yang hendak diobati.
    b. Alat Kesehatan, Bio Disc
Bio disk (temuan Dr. Ian Willian Lyon). Piringan kaca yang terbuat dari 13 mineral alami yang diolah melalui Teknologi Nano dan pemanasan Fusi tinggi. Bio disk mampu membuat semua cairan lebih mudah diserap, meningkatkan rasa dan dapat menambah daya tahan tubuh.
    c. Penggunaan Nano Robot untuk kesehatan
Robot nano besarnya seukuran satu sel, memori 126 kb dengan pergerakan berasaskan frekuensi ELF. Robot ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan biologi, antara lain melawan virus, menghancurkan sel-sel kanker, melancar kan aliran darah, menghantarkan obat ke organ-organ tubuh yang membutuhkan. Caranya, obat dimasukkan ke dalam Nano Robot kecil, lalu ditusukkan ke jari si penderita,dengan remote control, robot nano bisa diarahkan untuk mencari sendiri sel kanker yang menyebar di dalam tubuh. Setelah sampai di tempat sel-sel kanker, robot akan melepaskan bom, kemudian sel kanker akan mati dan hancur. Sel itu akan keluar melalui pembuangan kotoran manusia bersama Robot Nano.
    d. Pembuatan Makanan dan minuman kesehatan
        - Nano kalsium dalam susu anlene
       - Nano ginseng dalam Fatigon Spirit


3. Bidang Nanobio Technology
    a. Pembuatan Mesin Cuci
Mesin cuci 'Air Wash™ System' buatan Samsung. adalah mesin cuci dengan teknologi Silver Nano, dimana ion perak berukuran nano akan membasmi bakteri dan jamur. Ion-ion perak nano juga mampu bertahan pada cucian hingga 30 hari sehingga cucian bebas bakteri dan partikel penyebab bau.
    b. Teknologi Penyaringan Air
Sistem Penyaringan Air Bio dengan Gabungan Teknologi Nano, fungsinya :
        - bebas dari bakteri dan virus
        - menyingkirkan toksin dari tubuh
        - memperbaiki sistem metabolisme dan ketahanan badan
        - mengawetkan kesegaran ikan, daging dan sayur-sayuran

4. Bidang Nano Device
    a. Teknologi SRAM Komputer
     Penambahan kepadatan jumlah device. Gambaran mudahnya, bila ukuran satu buah transistor bisa dibuat lebih kecil maka kepadatan jumlah transistor pada ukuran chip yg sama secara otomatis akan menjadi lebih besar. Tahun 2005, INTEL berhasil meluncurkan Chip ini berisi lebih dari 500 juta buah transistor.
    b. I-Pot Nano untuk dengar musik
      i-Pod Nano' buatan Apple. Dengan menggunakan teknologi nano, iPod ini dibekali storage sebesar 4GB dan 8GB, dan kekutan baterai 5 jam untuk menonton video, serta 24 jam untuk mendengarkan musik.

5. Bidang Optical Engineering
     a.  Teknologi Chip Komputer
IBM, INTEL Corp. dan Hewlett Packet yang merupakan produsen chip dunia melalui teknologi nano mengubah material silicon menjadi partikel Nano carbon tube yang mudah dimodifikasi dan mempunyai kemampuan tinggi.
     b.  Hard Disc Nano
          Hard Drive nano dapat menyimpan data sampai dengan 4 terabite (= 4.000 gigabite)


     c. Play Station generasi ke 3
          Bila kita bermain PS menggunakan PS-3 maka kita akan mendapatkan sensasi bermain yang luar biasa. PS-1 dan PS-2 kita masih menembak badan manusia, untuk PS-3 bisa menembak pipul mata.
      c. Teknologi Handphone Morph
     Nokia memperkenalkan konsep ponsel Nokia Morph,yang merupakan penerapan teori masa depan berbasiskan teknologi nano, dimana dapat merubah bentuk serta ukuran berdasarkan fungsinya. Teori ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan antara vendor Finlandia dan Univ. Cambridge, Inggris. Ponsel sendiri bisa dibentuk ke dalam berbagai macam seperti gelang, tablet, kertas juga bisa membersihkan diri sendiri karena molekul extra kecil yang dipakai menghindari kotoran seperti debu dan lain lain.
6. Bidang Detence and Security
    - Satelit Nano "NASA's"
    Satelit Nano milik ‘Nasa’ mempunyai diameter 19 cm dengan berat sekitar 5 kg. Satelit ini diletakkan di luar angkasa dan dibuat dengan sistem TCP/IP-based. Kemampuan uniknya adalah sebagai software technology, sensors, global system awareness, adaptive control and commercialization capabilities.

7. Bidang Bio Engineering
    a. Pembuatan Mata Palsu
Pembuatan mata buatan yang mempunyai fungsi menangkap dan mentransfer cahaya menjadi informasi dan kemudian diolah, itu akan lebih mudah dilakukan dengan peran teknologi nano. Bahkan dengan teknologi nano, intelejensi sensor buatan bisa dibuat dengan sensitifitas mendekati apa yang dimiliki manusia.
     b. Scanning probe microscope (SPM), generasi baru mikroskop
SPM mempunyai kualitas yang menakjubkan, yaitu resolusi tinggi pada arah 3 dimensi sehingga memungkinkan untuk melihat struktur sekecil atom. Mikroskop elektron mempunyai resolusi yang tinggi secara horizontal, tetapi resolusinya rendah pada arah vertical. 

 8. Bidang Cosmetics and Accessories
     a. Pembuatan Berlian Bermutu
Teknologi nano mampu menyusun atom atau molekul karbon yang terdapat dalam batubara dan grafit di proses untuk menghasilkan sebutir berlian yang berkilauan.
9. Bidang Nano Pabrics and Buildings
    a. Pembuatan Beton Baja
Teknologi nano mampu menggandakan kekuatan beton. Dengan campuran 10 persen bahan nanosilika kekutan beton menjadi dua kali lebih kokoh, tahan gempa, dan kedap air laut.
    b. Penggunaan di Industri Tekstile
      Nanoteknologi di dunia tekstil berkembang pesat, khususnya untuk aplikasi olah raga dan kesehatan. Tekstil tersebut dibuat untuk memonitoring dan mengganti ion-ion tubuh yang hilang akibat aktifitas harian, mempertahankan tingkat kelenturan dan mempertahankan pengaruh benturan.
      Dimasa mendatang tekstil dipakai dalam komponen sayap pesawat, peralatan laser, prototype benda, teknik ‘inkjet printing’ dll. Kesemuanya ini sudah dibahas dalam sebuah seminar “Third International conference on Nanotechnology and Smart Textiles for Industry and Fashion” di the Royal Society in London, UK. Tanggal 19 Maret 2008, yang dihadiri oleh profesional industri, akademia dan perancang mode serta aktifis berbagai disiplin ilmu.

10. Bidang Nano Miscellaneous
    a. Teknologi Polimerisasi
Nanoteknologi mampu mengubah material yang tidak berguna menjadi barang bermutu tinggi dengan menyusun unsur pembentuknya. Batu gamping (clay) yang diubah menjadi nanopartikel kemudian dicampur dgn polimer akan menghasilkan polymer nanocomposite (PNC) yang sangat kuat dan elastis.
    b. Black Hole, Obat Anti Nyamuk
BLACK HOLE bekerja dengan menciptakan proses Fotokatalis dari pancaran lampu ultra violet (2 buah) yang mengenai permukaan panel Titanium Dioxide (TiO2) yang mengelilinginya. Reaksi foto katalis menghasilkan spektrum panas yang sangat disukai nyamuk karena mirip panas tubuh manusia
    c. Kemudi ‘Nissan’ dilengkapi Teknologi Nano
Pengembangan bidang elektronik dengan teknologi nano, sebenarnya berjalan sejak tahun 1975, dimana diperkenalkan suatu sensor yang sangat sensitif dalam disk drive yang terbuat dari lapisan partikel magnetic ukuran nanometer dengan ketebalan lapisan nanometer.

    d. Mengurangi gas buang dan limbah
Nanofilter mampu menyaring debu, gas dan partikel di bawah satu micron.
    e. Lembaga Pendidikan dan Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini dibuat untuk semua mitra kerja marketer pelumas 'NTA', semoga bermanfaat.